Penyakit


Burung kenari termasuk burung yang rentan terhadap penyakit,munculnya gangguan kesehatan tersebut dapat disebabkan beberapa faktor seperti perubahan cuaca panas dan dingin, pemberian makanan yang kurang baik,perawatan yang kurang maksimal. Burung yang terkena penyakit biasanya mendapatkan penanganan khusus sebab jika terlambat dalam perawatan menyebabkan burung tersebut mati.
Biasanya burung yang terkena penyakit akan diletakan dalam sangkar yang terpisah hal dilakukan untuk mencegah penularan pada burung lainnya.
Beberapa contoh penyakit burung kenari dan penanganannya:
Snot

Gejalanya di sekitar kelopak mata bagian luar akan terlihat pembengkakan dan memerah, burung kurus karena nafsu makan berkurang,lesu, kotoran cair.Penyakit ini disebabkan karena sangkar yang kurang bersih, sirkulasi udara yang kurang baik. Penanganannya tempatkan burung yang dikasih lampu sebagai penghangat, berikan obat snot, bagian yang bengkak diusap pakai kain lembut yang dibasahi dengan air hangat.
Cacingan
Tanda-tanda burung yang terkena cacingan biasanya nafsu makan berkurang,lesu,kurang bergairah.
Penanganannya, tempatkan burung pada sangkar terpisah kasih tempat makan dan tempat minum kasih obat anti cacing.
Berak kapur
Burung yang terkena berak kapur biasanya ditandai dengan kotoran yang berair dan berwarna putih. Hal ini biasanya disebabkan perubahan cuaca. Solusinya burung sering dijemur dan sangkar harus sering dibersihkan.
Mencret
Burung yang terkena penyakit ini ditandai kotorannya cair berwarna keruh, nafsu makan burung menurun, gerak burung menurun. Penyakit ini biasanya disebabkan karena bakteri ataupun makanan yang kurang bersih. Penanganannya burung diletakkan pada sangkar tersendiri dan untuk menghindari keracunan sayur dari obat pembasmi hama sebaiknya sayuran dicuci bersih terlebih dahulu.

Bubul
Serangan bubul dapat dilihat dari kaki membengkak biasanya terjadi karena gigitan nyamuk atau kondisi sangkar yang kurang bersih khususnya pada tempat bertengger.Pencegahan serangan bubul dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sangkar dan tempat bertengger.
Nafas
Burung kenari yang terkena nafas ini suaranya akan berbunyi nggik-nggik,volume mengecil, kadang tidak terdengar suaranya. Hal itu disebabkan beberapa faktor,misalnya karena makanan atau faktor cuaca.Solusinya burung sering dijemur tetapi jangan terlalu lama, diberi obat yang sesuai.
Lesu
Lesu disebabkan oleh perubahan cuaca biasanya pada musim pancaroba, bisa juga bakteri yang berasal dari makanan. Solusinya diberi makanan yang bergizi dan hindarkan dari panas yang berlebihan,beri vitamin AD-Plek pada minumannya.
Kutu
Disebabkan karena kebersihan pada sangkar yang kurang bagus atau kurang penjemuran.Solusinya sangkar harus disemprot dengan desinfektan secara berkala dan burung harus dimandikan dengan shampo anti kutu yang ada dipasaran.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar